Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Ngeblog Pakai Smartphone Sulit? Enggk juga tuh

Menjadi seorang blogger bermodalkan smartphone tidaklah sulit yang seperti anda kira. Kesulitan bisa diminimalisir seminim mungkin dengan perkembangan teknologi yang sudah tertanam pada smartphone.
Faronesia.com - Halo sobat blogger, pada kesempatan ini saya tidak akan memberikan tutorial terlebih dahulu. Namun, sebagai gantinya kita akan berbincang-bincang sedikit mengenai "ngeblog menggunakan hp". Pada dasarnya ngeblog memang paling enak menggunakan laptop atau PC. Tetapi, tidak semua blogger memiliki barang tersebut karena berbagai alasan seperti masih belum cukup umur untuk memiliki PC maupun Laptop, keterbatasan keuangan, belum bisa sepenuhnya menggunakan PC maupun Laptop, dan masih banyak lagi.

Mungkin kendala seperti yang telah diungkapkan sebelumnya akan sedikit mempengaruhi kinerja dan semangat blogging anda. Tidak dipungkiri banyak faktor yang akan terpengaruh karena tidak mempunyai PC maupun Laptop seperti, kesulitan koding dan alat koding yang kurang memadai, kesulitan dalam multitasking, kesulitan bereksperiment, dan masih banyak lagi kendala.

Namun, semua itu bisa di minimalisir oleh blogger profesional hanya bermodalkan Smartphone. Yakinlah bahwa anda seorang blogger profesional, anda memiliki bakat dan semangat kinerja yang luarbiasa dalam dunia blogging.

Menjadi Seorang Blogger Menggunakan Smartphone Tidaklah Sulit

Perlu anda ingat bahwa, menjadi seorang blogger bermodalkan smartphone tidaklah sulit yang seperti anda kira. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kesulitan bisa diminimalisir seminim mungkin dengan perkembangan teknologi yang sudah tertanam pada smartphone.

Bahkan saya sendiri juga merasakan kemudahan yang didapat saat ngeblog menggunakan smartphone. Hal ini terjadi karena laptop yang saya miliki mengalami kerusakan pada keyboard yang menyebabkan beberapa tombol tidak berfungsi dengan baik. Awalnya saya sedikit kesulitan karena kurang terbiasa ngeblog menggunakan smartphone namun harus bagaimana lagi karena Gadget utama saya sedang mengalami kerusakan.

Kembali ke topik pembicaraan, berbagai sisi kemudahan yang akan anda dapatkan saat ngeblog menggunakan smartphone akan saya jelaskan secara rinci dibawah ini:

Efisiensi

Ngeblog menggunakan smartphone lebih efisien ketimbang PC maupun laptop. Smartphone pada dasarnya didesain lebih kecil dan ringan dibanding Laptop dan PC. Tidak seperti Laptop yang tergolong berat dan membawanya harus menggunakan tas, maupun PC yang tidak bisa dibawa kemana-mana karena ukurannya yang cukup besar dan membutuhkan colokan listrik. Berbeda dengan smartphone, dengan bodi yang kecil, smartphone bisa dibawa kemana-mana tanpa perlu repot menggunakan tas maupun colokan listrik. Anda cukup mengantonginya saat bepergian dan mulai melakukan ngeblog dimanapun tanpa kendala.

Teks editor

Ngeblog tidak akan jauh dengan yang namanya konten, sedangkan konten membutuhkan alat untuk menulis dan menyimpan tulisan. Jika ini terjadi pada pengguna laptop mereka tidak perlu khawatir karena laptop telah dilengkapi Notepad bawaan di perangkat mereka. Eits, apakah anda ingat bahwa perangkat smartphone saat ini memiliki aplikasi bawaan note, memo, dan sejenisnya? ya, anda bisa menggunakan aplikasi bawaan tersebut jika anda menyukainya. Namun jika anda kurang menyukai aplikasi bawaan tersebut, anda masih bisa mengunduh aplikasi note yang tersedia playstore maupun appstore. Untuk masalah konten sudah selesai, timbul masalah baru yaitu pengkodingan. Saat melakukan atau modifikasi kode blog, pengguna smartphone mengalami kendala seperti ngelag dibagian edit HTML yang berada pada menu tema. Seperti yang telah saya sebutkan diatas bahwa anda bisa menggunakan aplikasi bawaan untuk koding, namun alangkah baiknya jika anda mengunduh aplikasi khusus kode editor, sebab aplikasi bawaan seperti note, memo, dan sejenisnya kurang memadai jika digunakan untuk koding.

Multitasking

Walaupun multitasking pada perangkat smartphone terbatas, namun keterbatasan tersebut tidak akan mengganggu pekerjaan blogging. Anda masih bisa melakukan blogging sekaligus menjalankan aplikasi lainnya tanpa masalah. Namun, hal tersebut lebih baik dikurangi sebab konsentrasi anda saat melakukkan blogging terpecah.

Eksperiment

Jika anda seorang blogger yang cukup aktif dan sering melakukan eksperiment maka Smartphone bukanlah kendala yang berarti. Eksperiment mengenai SEO, eksperimen koding, eksperimen artikel sekalipun tetap bisa anda lakukan walaupun tidak semudah pengguna PC maupun laptop. Namun jangan khawatir, untuk anda yang mengedepankan riset SEO masih bisa diatasi karena semua bisa diminimalisir menggunakan tool online yang tersedia diinternet. Sedangkan eksperimen koding, sudah saya katakan di poin ke2, anda bisa menggunakan aplikasi kode editor untuk masalah pengkodingan sekaligus bereksperimen ria.

Finansial

Jelas Smartphone tergolong lebih baik pada sisi finansial sebab smartphone memiliki harga yang cukup terjangkau untuk para blogger dibanding laptop dan PC. Dengan begitu, semua orang bisa menjadi seorang blogger sekalipun menggunakan Smartphone saja.

Penutup

Walaupun begitu, penggunaan Laptop dan PC akan lebih unggul dibeberapa kasus. Namun, jika anda hanya sebatas pengguna smartphone jangan berkecil hati, karena hobi tidak dipandang dari gadget yang anda miliki.

Demikianlah pembahasan mengenai Menjadi blogger bermodal smartphone semoga bermanfaat untuk para pembaca dimanapun anda berada. Jika menurut anda artikel ini bermanfaat jangan lupa share karena dengan share artikel ini sama halnya anda berpartisipasi dalam mengembangkan website faronesia.com.
Saya seorang mahasiswa yogyakarta yang memiliki hobi blogger. Saya juga membuka jasa redesign template blogspot yang sudah berjalan hampir 1 tahun.

1 komentar

  1. Bikin tutorial cara biar homepage grid dan list kayak blog ini dong mas,
1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.