Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

10 Keuntungan Punya Hobi Ngeblog Untuk Pelajar

Tahukah anda bahwa hobi blogging memiliki keuntungan yang sangat luar biasa jika diterapkan dengan baik terlebih dalam aspek proses belajar? Nah, kira-kira apa aja sih keuntungannya? Berikut ini adalah poin-poin penting dari keuntungan memiliki hobi blogging bagi para pelajar.
Faronesia.com - Halo blogger, sudah lama faronesia tidak update artikel mengenai hal-hal yang bersangkutan dengan perbloggeran. Baiklah, kali ini Faronesia tidak memberikan tutorial namun sebagai gantinya admin Faronesia akan memberi tahu mengenai apa aja sih keuntungan yang diperoleh para pelajar yang punya hobi Blogging.

Saya selaku admin Faronesia juga masih dalam proses perkuliahan tepatnya masa-masa akhir kuliyah dan menyadari bahwa kehidupan sebagai pelajar tidak hanya terfokus pada mata kuliyah. Kita harus memiliki kesenangan tersendiri dalam menjalani kehidupan salah satunya memiliki hobi.

Setiap pelajar pasti memiliki hobi, dan biasanya di umur yang tergolong matang ini hobi mereka selalu dapat tersalurkan dengan baik. Seperti halnya hobi ngeblog, mungkin bagi beberapa pelajar Indonesia hobi menulis diblog bukanlah hobi yang familiar dikalangannya, mereka lebih memilih memikmati hobi lainnya seperti basket, volly, travelling, dan sebagainya.

10 Keuntungan Punya Hobi Ngeblog Untuk Pelajar

Tahukah anda bahwa hobi blogging memiliki keuntungan yang sangat luar biasa jika diterapkan dengan baik terlebih dalam aspek proses belajar? Nah, kira-kira apa aja sih keuntungannya? Berikut ini adalah poin-poin penting dari keuntungan memiliki hobi blogging bagi para pelajar:

1. Mendapatkan Ilmu Eksternal

Seorang blogger tidak hanya terfokus pada penulisan semata. Contohnya anda harus bisa menggunakan dan menguasai teknik ngoding, desain, SEO, dan sebagainya pada blog. Jika belum bisa, setidaknya anda sudah mengetahui dasar-dasarnya. Nah, pada kasus ini, mau tidak mau anda harus mempelajarinya. Dari contoh tadi, anda secara tidak langsung mendapatkan ilmu baru diluar lingkup proses belajar belajar disekolah.

2. Menumbuhkan Ide Cemerlang

Hey anda, mas-mas/mbak yang dikira orang introvert oleh teman-temanmu yang padahal lagi jalanin hobi ngeblog. Anda seharusnya beruntung memiliki hobi yang satu ini, kenapa? Logikanya begini, seorang blogger biasanya sudah terbiasa dituntut mengeluarkan ide-ide keren dalam menulis suatu karangan maupun artikel. Secara tidak langsung, hobi anda ini akan membantu anda dalam proses mencetuskan ide maupun pemikiran yang cemerlang dalam menjalani proses belajar disekolah maupun dikampus.

3. Terbiasa Dengan Banyak Menulis

Anda seorang blogger? Selamat, anda termasuk golongan orang yang beruntung. Lah kok bisa? Jadi begini penjelasanya, seorang blogger memiliki kebiasaan menulis konten yang sangat banyak bahkan mampu menyelesaikan beberapa artikel dalam 1 jam (ciri-ciri blogger ngejar target), karena sudah terbiasa menulis dengan jumlah banyak anda tidak lagi kaget jika diberi tugas sekolah maupun kampus bahkan skripsi yang notabene banyak menulis.

4. Meningkatkan Kualitas Penulisan

Mungkin sebagian dari anda khususnya para pelajar tidak sadar bahwa dengan memiliki hobi blogging bisa meningkatkan kualitas daya penulisan. Dengan menekuni hobi blogging, kualitas menulis anda secara tidak langsung terupgrade, mulai dari penataan kalimat, gaya penulisan, pribahasa, dan lainnya. Kemungkinan besar tulisan anda akan lebih terlihat profesional dari pada yang lain.

5. Pembicaraan Lebih Profesional

Jika menurut anda hobi ngeblog adalah sebatas menulis lalu upload berarti anda kurang benar dalam mengartikannya. Kenapa saya bilang kurang benar? Hobi ngeblog tidak hanya sebatas melenturkan otot-otot jari dan tangan saja melainkan memainkan otak untuk menghasilkan ide-ide cemerlang. Pada saat ide-ide tersebut sudah terbentuk maka secara otomatis akan tersimpan didalam ingatan otak kita dan suatu saat akan keluar dalam bentuk tindakan maupun tutur kata. Maka hal ini lah yang nantinya akan membentuk tutur kata yang berbobot, lebih dewasa, dan profesional tentunya.

6. Tidak Mudah Terpengaruh Media Fake

Sekali lagi selamat untuk anda yang memiliki hobi blogging, mengapa demikian? Jika anda seorang blogger aktif biasanya sudah terbiasa menyelam di lautan Google untuk mencari sebuah informasi, dimana tidak semua informasi yang tersedia sangat akurat, ada beberapa informasi yang masih bersifat lemah bahkan fake (palsu). Dengan begitu anda sudah tidak lagi mudah terpengaruh oleh media-media palsu.

7. Mengurangi Pengeluaran Jajan

Sudah pasti dengan hobi ngoblog tidak akan menguras dompet anda. Bahkan hobi ngeblog bisa menjadi pilihan terbaik untuk anda terapkan saat dalam keadaan krisis keuangan. Bandingkan saja dengan teman anda yang memiliki hobi travelling, mereka harus memiliki budget yang cukup jika ingin menyalurkan hobi tersebut. Tentu saja hal ini juga dapat meringankan beban orangtua jika anda masih bergantung materi kepada mereka.

8. Popularitas Meningkat 

Jika anda seorang blogger yang sudah profesional, secara tidak langsung nama anda juga akan populer dan ikut melejit bersamaan dengan blog yang anda kelola. Dari poin ini kita bisa ambil contoh salah satu blogger profesional yang nama pemiliknya sudah mlejit dikalangan blogger Indonesia yaitu Mbak Ignel

9. Meningkatkan Pendapatan

Selain mendapatkan keuntungan fisik, anda juga bisa mendapatkan keuntungan dalam bentuk materi (uang). Misal blog yang anda kelola mendapatkan kepercayaan dan diterima oleh pihak periklanan seperti Adsense, Mgid dan lainnya maka jangan sia-siakan, ini adalah jeripayah anda dalam membangun blog. Untuk mendapatkan uang tambahan dari hobi ngeblog sebenarnya tidak hanya terfokus pada publisher periklanan saja, anda juga bisa mendapatkan uang tambahan dari menjual produk, jasa, conten placement dan lainnya pada blog anda.

10. Menambah Pertemanan

Menjadi seorang blogger tak lepas dari yang namanya sebuah komunitas. Dari komunitas ini yang menjadikan seorang blogger memiliki banyak list pertemanan bahkan pertemanan blogger mencakup beberapa daerah bahkan skala internasional. Hal ini sangat menguntungkan sekali bagi para blogger sebab, dari terjalinnya pertemanan tersebut mereka akan lebih banyak mendapatkan informasi dan sharing yang bersifat positif dan membangun.

Catatan:

Sebenarnya masih ada banyak lagi keuntungan yang bisa anda dapatkan terlebih untuk kaum pelajar. Namun, disini saya hanya menuliskan beberapa poin pentingnya saja. Anda bisa saja menemukan keuntungan dari hobi blogging setelah menekuninya.

Demikianlah mengenai 10 Keuntungan Punya Hobi Ngeblog Untuk Pelajar, semoga bermanfaat untuk para pembaca dimanapun anda berada. Jika menurut anda artikel ini bermanfaat jangan lupa share karena dengan share artikel ini sama halnya anda berpartisipasi dalam mengembangkan website faronesia.com.
Saya seorang mahasiswa yogyakarta yang memiliki hobi blogger. Saya juga membuka jasa redesign template blogspot yang sudah berjalan hampir 1 tahun.

3 komentar

  1. Yang paling utama menurutku dengan punya hobi ngeblog kita dapat mengekspresikan diri dengan menuli. Keren lah pokoknya
  2. Mana linkmagz nya gak ada gt
  3. Mantap kak , semoga artikel ini bisa memberi manfaat yang baik dan bisa menjadi motivasi untuk menulis 😁
1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.