Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Cara Compress CSS dan JavaScript Menggunakan Tool CSS Minifier

Apakah itu CSS Minifier ? Apa fungsi CSS Minifier? Dan bagaimana cara Compress CSS dan javascript?
Faronesia.com - Halo sobat blogger, jika anda seorang blogger pemula atau baru saja terjun didunia blogger akan bertanya - tanya Apakah itu CSS Minifier ? Apa fungsi CSS Minifier? Dan bagaimana cara Compress CSS dan javascript? Baiklah disini saya akan membahasnya satu persatu.

Pada dasarnya blog yang mempunyai waktu loading yang lama akan mempunyai banyak dampak negatif seperti bounce rate yang tinggi memperngaruhi jumlah pengunjung serta akan mempengaruhi ranking blog anda di SERP (Search Engine Results Page). Maka dari itu saya menyarankan untuk melakukan minify terhadap JavaScript dan CSS. Jika anda menanyakan kenapa hanya JavaScript dan CSS yang diminify / di compress? Jawabannya cukup simpel, JS (JavaScript) dan CSS masuk dalam kategori heavy files, atau file yang memberatkan bagi blog.

ketika seseorang mengunjungi blog yang anda miliki, maka browser yang digunakan oleh orang tersebut akan memproses file-file tersebut lalu memproyeksikan / menampilkan halaman blog anda satu persatu mengikuti perintah CSS dan JS. Hal ini membutuhkan sumberdaya dan waktu yang cukup banyak jika blog milik anda berat seperti banyak menampung iklan, css dan javascript.

1. Apa itu Minify?

Minify merupakan suatu proses atau cara mengumpulkan dan meringkas semua elemen yang ada pada blog seperti CSS dan JS kemudian menggabungkannya menjadi satu file.


2. Fungsi CSS Minifier

File yang telah digabungkan akan dikompres dan menjadikannya lebih ringan. Hal ini akan mengacu pada sektor pemuatan web atau blog (loading). Artinya dengan melakukan minifier akan meningkatkan kecepatan loading blog sobat.


3. Kenapa CSS Minifier Begitu Penting?

Seperti yang telah dijelaskan diatas, jika anda menginginkan proses pemuatan loading blog yang cepat maka anda harus mengompres CSS dan JS pada blog anda. Hal ini juga mempengaruhi sektor visitor, sebab pengunjung juga akan senang dengan blog yang memiliki loading yang cepat.


4. Bagaimana Cara Compress CSS dan JavaScript Menggunakan Tool CSS Minifier

Caranya sangatlah mudah dan simpel, anda cukup mengikuti instruksi dari saya dibawah ini:
  • Siapkan terlebih dahulu CSS atau JavaScript yang ingin di minify
  • Kunjungi Tools CSS Minifier atau anda bisa klik CSS Minifier di menu navigasi tepatnya dimenu alat
  • Silahkan pastekan CSS atau JS yang kalian ingin di compress pada kolom yang tersedia
  • Lalu centang "remove the last semicolon"
  • Selanjutnya klik compress
  • Salin CSS atau JS yang telah anda kompres dan tempelkan pada blog anda

Request tutorial lain?silahkan masuk ke halaman Tanggapan


Mudah sekali bukan? Demikianlah mengenai Cara Compress CSS dan JavaScript Menggunakan Tool CSS Minifier semoga bermanfaat untuk para pembaca dimanapun anda berada. Jika menurut anda artikel ini bermanfaat jangan lupa share karena dengan share artikel ini sama halnya anda berpartisipasi dalam mengembangkan website faronesia.

2 komentar

  1. Wehh, sangat bermanfaat. Tq XD
    1. Sama-sama mbak😊
1. Berkomentarlah dengan tata bahasa yang baik agar orang lain tahu sebijak apa karakter anda melalui kata kata.
2. Silahkan tulis komentar anda untuk hal apapun yang masih berhubungan dengan post pada halaman ini.
3. Mohon untuk tidak menyertakan Link Aktif pada kolom komentar.
4. Mohon maaf apabila tidak sempat membalas komentar 1 per 1.
5. Komentar selalu di moderasi.